Assalaamu ‘alaykum wrwb.

Profesionalisme dan kompetensi merupakan nilai-nilai yang sangat religius dan ditekankan dalam ajaran Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ketika suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah saat kehancurannya.” Dari Hadits tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa menjaga kompetensi orang-orang yang menangani urusan umat menjadi sangat penting dan harus mendapatkan perhatian serius.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengemban amanah sebagai khadimul ummah merasa perlu untuk ikut serta dalam menyiapkan tenaga-tenaga professional dan kompeten dalam pelaksanaan nilai-nilai Islam di masyarakat. Beberapa profesi yang membutuhkan kompetensi khusus saat ini, seperti pengawas syariah di industry keuangan syariah, auditor Halal dan penyelia Halal dala proses sertifikasi Halal, harus benar-benar terjaga kompetensinya.

Untuk keperluan tersebut MUI telah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama Indonesia (LSP MUI) yang terdiri dari dua bidang; Bidang Penjaminan Produk Halal dan Bidang Ekonomi Syariah. Dengan adanya LSP ini kami berharap MUI dapat berkontribusi dalam pelaksanaan nilai-nilai syariah di tengah masyarakat melalui penyediaan SDM yang kompeten, sekaligus memenuhi amanah Undang-undang yang menugaskan MUI untuk melaksanakannya.

Sholahudin Al Aiyub
Direktur Utama LSP MUI